Kamis, 06 September 2012

Tips Cara Menghilangkan Rasa Cemas Yang berlebihan



Gelisah dan cemas merupakan bagian dari gangguan psikologis yang biasa dialami seseorang. Kegelisahan atau biasa disebut anxietas ini bisa terjadi ketika sistem pertahanan tubuh secara fisik dan mental terganggau akibat situasi yang mengancam.
Seperti dikutip dari PPCNews, rasa cemas atau gelisah yang dialami seseorang ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Situasi yang sering terjadi secara mendadak ini bisa menimbulkan masalah ketegangan otot, peningkatan aktivitas simpatis dan parasimpatis dalam tingkat yang ringan. Sistem saraf otonom akan meningkatkan denyut jantung, tekanan darah serta aktivitas kelenjar keringat, sistem pernapasan, sistem saluran pencernaan dan kandung kemih.
Untuk itu, jangan heran jika Anda sedang mengalami kegelisahan sering mengeluarkan banyak keringat atau bahkan sering bolak-balik ke toilet. Biasanya mereka yang mengalami kegelisahan juga mengalami ketegangan, wajah memerah, dada berdebar kencang, bernapas pendek, berkeringat banyak, dan timbul keinginan untuk buang air besar atau kecil.
Lantas, apakah kecemasan berlebihan atau anxietas bisa dikatakan sebagai penyakit? Jika mengalami rasa cemas dalam tingkat ringan atau sedang, hal ini masih bisa dibilang wajar dan bahkan bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia. Namun, jika kondisinnya parah bisa menyebabkan situasi merugikan.
Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan ini. Penyakit fisik seperti menopause, kencing manis, dan jantung koroner bisa menjadi salah satu pemicunya. Gangguan neurologik seperti vertigo, migrain, kejang serta gangguan saluran napas seperti asma, emboli paru termasuk juga gangguan psikiatrik lainnya seperti demensia dan depresi juga bisa menjadi penyebabnya.
Bila kecemasan sering melanda Anda sebaiknya tangani secara perlahan. Belajar lebih santai dan mengendalikan stres dengan relaksasi bisa menjadi obat ampuh. Tidak hanya membantu untuk lebih menikmati hidup, tapi juga sangat baik untuk kesehatan jantung jangka panjang.
Keuntungan lain dari relaksasi di antaranya memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah, memperlambat laju pernapasan, meningkatkan aliran darah ke otot-otot besar, mengurangi kemarahan dan frustasi serta meningkatkan kepercayaan diri saat menghadapi masalah.
Beberapa teknik relaksasi yang bisa Anda rasakan manfaatnya mulai dari yoga, tai chi, mendengarkan musik, olahraga, meditasi, hipnosis dan pijat secara teratur.
Semoga Tips ini bermanfaat untuk kawan2..Trimakasih udah mampir di Blog saya :)

1 komentar:

Joko Hartono mengatakan...

smoga beramanfaat